Selamat Datang di idSehat - Info Dunia Kesehatan dan Kecantikan. Temukan Informasi Kesehatan, Kecantikan, Tips Sehat Harian, Gaya Hidup & Solusi Kesehatan. Hanya Disini.

Jerawatan Tidak Sembuh Sembuh, Coba cara Ini



Seorang gadis usia 20an tahun mengeluh, jerawat di wajahnya seringkali nongol, dan kalau sudah nongol sulit untuk dihilangkan. Sudah pakai perawatan kulit ini itu tetap saja jerawatnya suka hilang timbul. Begitu lambungnya dibereskan (diperbaiki kesehatannya), sekarang jerawatnya tidak nongol-nongol lagi.

Yah jerawat bukan hanya masalah kulit saja, seringkali terkait dengan adanya gangguan fungsi organ dalam, dan begitu organ dalam diperbaiki, jerawatnya berkurang atau sembuh.

Sebuah ilmu pemetaan wajah yang telah ada dalam pengobatan kuno China dan India, menjelaskannya bahwa bagian tertentu di wajah kita sebenarnya terhubung dengan bagian tubuh yang lain. Rupanya letak jerawat di wajah berhubungan dengan keadaan kesehatan kita. Berikut letak jerawat dan kemungkinan penyebabnya.




Nomer 1 dan 2

Jerawat pada daerah ini seringkali disebabkan karena gangguan pada sistem pencernaan. Setiap orang memang memiliki kepekaan yang berbeda-beda terhadap makanan, misalnya tidak semua orang yang makan kacang dan coklat akan timbul jerawat. Namun pada dasarnya jenis makanan yang berlemak paling sering menyebabkan jerawat pada daerah ini, misalnya junk food, makanan yang digoreng, jerohan, makanan bersantan dan lain-lain. Yang perlu anda lakukan adalah mengurangi jenis makanan tersebut dan memperbanyak konsumsi air putih.

Nomer 3

Jerawat pada daerah ini masih memiliki hubungan dengan masalah pencernaan terutama pada hati. Selain menjaga pola makan, anda juga harus cukup istirahat, mengurangi konsumsi alkohol, membiasakan berolahraga dan mengurangi konsumsi obat-obatan yang di metabolisme di hati. Jika anda sudah melakukan hal-hal tersebut maka fungsi hati akan kembali normal.

Nomer 4, 5, 7 dan 8

Jika timbul jerawat pada area ini, biasanya terdapat gangguan pada fungsi ginjal. Penyebab yang paling sering adalah karena dehidrasi. Perbanyak konsumsi air putih, minimal delapan sampai sepuluh gelas per hari. Selain itu kurangi konsumsi minuman bersoda, kafein (kopi) dan alkohol karena akan memperparah tingkat dehidrasi anda. Lingkungan kerja yang terlalu panas atau dingin juga dapat menyebabkan dehidrasi. Hati-hati juga terhadap obat diet yang dapat menyebabkan anda mengalami dehidrasi karena membuang cairan terlalu banyak.

Nomer 6

Jerawat pada daerah hidung ini dapat disebabkan karena berbagai macam hal. Selain karena penggunaan make up yang salah, bisa juga disebabkan karena tingginya kadar lemak darah, kurangnya konsumsi vitamin B atau tekanan darah yang tidak normal. Kurangi konsumsi makanan berlemak jenuh dan tingkatkan konsumsi makanan dengan kadar lemak tak jenuh seperti omega 3 dan omega 6 yang terkandung dalam kacang-kacangan, alpukat, ikan dan biji-bijan. Selain itu tidak ada salahnya anda memeriksakan tekanan darah dan kadar kolestrol darah anda untuk memastikan bahwa tidak ada masalah serius pada diri anda.

Nomer 9 dan 10

Jerawat pada area ini seringkali disebabkan masalah pada sistem pernafasan. Perokok dan orang yang memiliki alergi biasanya akan muncul jerawat di daerah ini. Kurangi konsumsi rokok maupun paparan rokok dari orang-orang di sekitar anda serta hindari hal-hal yang dapat membuat alergi anda kambuh. Hal lain yang dapat membantu adalah menjaga agar tubuh anda tidak terlalu asam, caranya adalah mengurangi konsumsi daging, susu, alkohol, caffeine dan gula serta meningkatkan konsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dan jus buah.

Nomer 11 dan 12

Jerawat pada daerah ini umumnya disebabkan karena faktor hormonal. Perubahan hormon ini bisa diakibatkan oleh banyak hal misalnya stress, terlalu lelah, kurang tidur, pola tidur yang salah, menstruasi, kehamilan, penyakit pada organ reproduksi atau konsumsi junk food. Masalahnya beberapa penyebab di atas tidak dapat kita hindari. Jadi yang dapat dilakukan adalah menjaga agar kulit wajah tetap bersih sehingga jerawat yang timbul di daerah tersebut tidak menjadi lebih parah. Penggunaan obat-obatan hormon untuk jerawat tipe ini hanya digunakan jika jerawat memang sangat parah dan harus dalam pengawasan dokter.

Nomer 13

Area ini juga menunjukan adanya gangguan pada sistem pencernaan, namun lebih spesifik yaitu pada daerah perut. Jerawat ini seringkali muncul pada orang-orang dengan gangguan pencernaan misalnya buang air besar yang tidak lancar. Yang dapat dilakukan adalah memperbanyak konsumsi serat dan air putih. Konsumsi teh herbal dan yogurt mungkin dapat membantu mengatasi masalah pencernaan anda.

Nomer 14


Jerawat yang muncul di area ini biasanya menunjukan adanya penyakit tertentu. Selain mencari tahu penyakit apa yang mungkin anda derita, anda juga dapat membantu mengatasinya dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Beristirahat yang cukup, berolahraga teratur, konsumsi makanan sehat dan air putih yang cukup dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda.

Memang tidak semua yang disebutkan di atas selalu benar dan dapat dibuktikan seratus persen secara ilmiah, namun tidak ada salahnya kita waspada. Jika jerawat yang muncul tidak membaik dengan produk atau treatment yang anda gunakan dan jerawat selalu muncul di daerah yang sama, anda harus lebih waspada terhadap adanya ‘peringatan’ dari dalam tubuh anda. Lakukan konsultasi dengan dokter anda, ceritakan dengan detail pola hidup anda agar dokter dapat menangani secara menyeluruh (holistik). Perlu diingat, gaya hidup yang sehat akan sangat membantu keberhasilan pengobatan jerawat anda.