Deskripsi Bunga Tulip

by 0

Bunga tulip (tulipa) merupakan nama genus untuk 100 spesies tanaman berbunga yang termasuk keluarga liliaceae. Bunga tulip, sejauh ini, tergolong salah satu tanaman yang banyak dibudidayakan oleh manusia. Bunga tulip sangat indah dengan bentuk dan aneka warna.

Bunga tulip terkenal di negeri Belanda dan berbunga saat musim dingin sekitar bulan Maret sampai April. Dengan demikian, Belanda terkenal dengan sebutan Negeri Bunga Tulip. Bunga tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turki.

Bunga tulip berasal dari Asia Tengah, serta tumbuh liar di kawasan Pegunungan Pamir, Pegunungan Hindu Kush, dan stepa di Kazakhstan. Dengan ungkapan lain, bunga tulip ini sebenarnya adalah bunga liar.
Orang-orang Turki merupakan orang yang pertama kali membudidayakan bunga tulip pada awal tahun 1000-an dan pada masa pemerintahan kekhalifahan Utsmaniyah, terutama pada masa kekuasaan Sultan Ahmed III (1703—1730). Bunga

Bunga-Bunga Sekitar Kaya obat untuk Kesehatan tulip ini berperan penting. Sehingga, masa Sultan Ahmed III disebut juga ebagai Era Bunga Tulip. Bunga tulip baru dikenal di Belanda pada abad ke-16 dan menjadi sangat populer di kalangan masyarakat kelas atas dinegeri itu. Kata “tulip”berasal dari bahasa Turki yang bermakna “surban”, semacam kain yang dililit
untuk menutupi kepala. Tidak diketahui mengenai kapan persisnya Negara Kincir Angin itu mulai membudidayakan bunga tulip. Tetapi, disebut-sebut bahwa bunga tulip mulai dibawa ke Belanda pada sekitar tahun 1550-an oleh kapal- kapal yang berasal dari Istanbul.

Bunga tulip merupakan tanaman tahunan berumbi yang mempunyai tinggi sekitar 10—70 cm. Bunga ini memiliki daun berlilin, berbentuk sempit mcmanjang, berwarna hijau nuansa kebiru-biruan, dan bunganya berukuran besar yang terdiri atas 6 helai daun mahkota.

Bunga "tulip terkenal di negeri Belanda dan berbunga saat mu-sim dingin sekitar bulan Maret sampai April. Dengan demi-kian, Belanda terke-nal dengan sebutan Negeri Bunga Tulip. Bunga tulip juga merupakan bunga nasional Iran dan Turki.

Warna dasar dari kelopak tulip adalah hijau dan kebiru-biruan. Tulip hasil persilangan menghasilkan bunga berwarna tunggal, merah, oranye, kuning, hijau, biru, ungu, atau berbagai macam kombinasi dan gradasi warna. Tulip menghasilkan biji-biji berbentuk bundar pipih yang dibungkus kapsul kering.
Bunga tulip hanya bisa tumbuh di kawasan yang memiliki suhu rendah. Daerah di sekitar pegunungan menjadi salah satu tempat yang cocok bagi tulip untuk berkembang. Bunga tulip berkembang melalui biji dan umbi. Bunga tersebut masih berkerabat dengan bunga lily.

Leave a Reply