Apakah rehabilitasi medik itu? Seberapa pentingnya bagi penderita osteoporosis?

by 0

Pasien patah tulang tidak boleh dibiarkan diam tanpa aktivitas dalam waktu lama karena akan menyebabkan tulang keropos lebih cepat dan menyebabkan risiko osteoporosis yang lebih buruk. Karena itu semua pasien yang pernah mengalami patah tulang osteoporosis harus menjalani rehabilitasi. Rehabilitasi itu adalah upaya aktif untuk mengembalikan kemampuan pasien berdasarkan sisa kemampuan yang masih diimilikinya. Dengan demikian pasien dapat kembali aktif dalam kesehariannya, dan dapat mandiri. Ini pun diterapkan pada penderita osteoporosis.

Perubahan postur tubuh akibat serangan osteoporosis dapat menyebabkan fungsi mukuloskeletal (otot dan tulang) terganggu dan berdampak keluhan rasa nyeri. Demikian Dr. Siti Nuhonni, SpRM., seorang dokter ahli rehabilitasi medik dari RSCM. Ia mencontohkan, mengangkat beban sambil membungkuk membuat tulang belakang daerah lumbar (pinggang) menerima beban 10 20 kali lebih besar dibandingkan beban itu sendiri. Batuk dan tertawa keras juga menimbulkan beban tekanan 50 70% lebih besar dibandingkan sikap berdiri tenang.

Menurut Dr. Nuhonni, postur tubuh yang sering terjadi adalah postur bungkuk (kifosis). Perubahan postur ini menyebabkan rasa nyeri pada otot punggung, rasa tak nyaman pada daerah perut, dan gangguan fungsi paru paru. Karena itu, dasar penatalaksanaan rehabilitasi medik pada pasien osteoporosis adalah memelihara bentuk tubuh yang benar (good posture).
Rehabilitasi medik mempunyai peran yang pen ting bagi penderita osteoporosis, bekerja sama secara integral dengan disiplin ilmu kedokteran lain yang terkait. Karena itu, pendekatan pengobatan osteoporosis tidak saja ditujukan kepada penyakit yang diderita pasien, melainkan juga kepada manusianya.
Tujuan utama rehabilitasi adalah:

  • mengurangi rasa sakit
  • memperbaiki fungsi tulang
  • membantu memulihkan kemandirian hidup sehari- hari sebanyak mungkin
  • memperbaiki kualitas hidup yang telah menurun
Nasihat dokter Felicia Cosman, setiap menjalankan ak- tivitas sehari-hari, lakukan setiap gerakan dengan hati- hati. Jaga punggung tetap tegak, hindari membungkuk.

Leave a Reply